free web page hit counter

4+ Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi – Taukah anda bayi membutuhkan perlindungan ekstra terhadap pengaruh luar? Pasalnya bayi belum mampu beradaptasi dengan baik sehingga lebih sering terkena virus suatu penyakit. Salah satunya adalah masalah batuk berdahak yang kerap dialami bayi. Medis mengatakan bahwa batuk berdahak merupakan kondisi yang gawat. Jadi, segera atasi batuk berdahak dengan hal alami atau pergi ke dokter anak.

batuk berdahak pada bayi

drprem.com

Sebagai orangtua anda harus tahu penyebab utama yang membuat si kecil terkena batuk berdahak. Pada beberapa kasus mungkin batuk berdahak disebabkan oleh banyak factor. Namun hal yang paling umum terjadi karena adanya gangguan atau infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Nah, ketahui cara mengatasi batuk berdahak pada bayi seperti berikut ini.

Tips Mudah Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi

1.Berkumur dengan Larutan Garam

Meskipun penggunaan air garam lebih sering diaplikasikan pada anak-anak. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk memberikan pada sang bayi untuk mengatasi batuk berdahak. Air garam akan mampu membunuh bakteri dan virus nyatanya untuk membantu mengeluarkan dahak. Apalagi, anda hanya perlu memberikan si bayi untuk berkumur menggunakan air larutan garam setiap hari sebanyak dua kali, disaat pagi serta malam hari. Namun bayi yang belum bisa berkumur bisa hanya dengan dioleskan saja pada bagian mulut dan tenggorokan.

BACA JUGA :

2.Terapi Uap

Kini saatnya anda memberikan terapi uap pada bayi yang terbukti cukup efektif menangani batuk berdahak yang disebabkan oleh gangguan saluran napas. Pasalnya uap dapat mengurangi lender dan membuka atau memperlebar saluran napas yang menyempit. Terapi ini tergolong cukup aman, namun hanya untuk batuk berdahak yang tak diakibatkan oleh gangguan saluran napas, terapi uap belum terbukti efektif.

3. Uap dengan Minyak Kayu Putih dan Daun Teh

Cobalah anda mengobati batuk berdahak pada bayi dengan uap minyak kayu putih serta daun teh. Pasalnya uap dinilai mampu untuk membantu melawan virus yang menjadi penyebab dari batuk berdahak serta pilek yang diderita oleh bayi. Paling tidak sembuhkan batuk berdahak pada bayi dengan cara menyiapkan air panas yang mengeluarkan uap, kemudian ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih serta beberapa helai daunt eh. Pastikan anda membantu bayi untuk menghirup uap panas tersebut selama beberapa saat, sehingga bakteri atau virus penyebab batuk berdahak segera lenyap.

4. Perbanyak Asupan Cairan

Jika bayi sedang menderita batuk berdahak, maka cukup berikan saja minum yang banyak. Minuman tersebut bisa berupa susu maupun air putih. Pastikan cairan yang masuk ke dalam tubuh akan mengencerkan lender dan mampu mengurangi dahak bayi. Beberapa orang biasanya menyarankan untuk memberikan madu. Namun jika anda ragu menambahkan madu yang belum tentu aman, beri saja nutrisi alami bagi bayi anda, seperti ASI dan buah-buahan.

Bagaimana, anda sudah tahu obat alami batuk berdahak pada bayi? Semoga ulasan tentang Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi menjadi informasi tambahan bagi anda semua, terutama bagi para ibu atau orangtua yang sayang anak.

  • Menarik
  • Bermanfaat
  • Berkualiras
4.9

Leave a Reply