free web page hit counter

10+ Obat Radang Tenggorokan Alami, Gejala dan Penyebab

Gizipedia.com – Obat radang tenggorokan yang dipercaya sejak dulu berasal dari bahan alami. Bicara tentang radang tenggorokan, pernah kah Anda mengalami penyakit ini sebelumnya? Radang tenggorokan atau faringitis adalah penyakit yang di sebab kan oleh infeksi virus dan bakteri, seperti pada flu serta pilek.

Kekebalan tubuh terhadap radang tenggorokan baru terbentuk saat seseorang sudah dewasa, sehingga penyakit ini lebih sering menyerang remaja dan anak (rentang usia 5-15 tahun). Pada orang dewasa sendiri, 10% radang tenggorokan dialami karena infeksi bakteri streptococcus.

Penyebab Radang Tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang faring (bagian belakang tenggorokan) manusia. Masyarakat Indonesia biasanya menyebut radang tenggorokan dengan panas dalam. Ketika mengalami radang tenggorokan, Anda akan kesulitan makan karena tenggorokan terasa sakit atau panas.

Faringitis adalah peradangan pada faring, saluran napas setelah dari hidung menuju ke trakea. Faringitis ini Sering disebut di masyarakat sebagai “sakit tenggorokan.” Di ilmu kedokteran Faringitis ini bisa menyebabkan luka dan gatal yang mengganggu di tenggorokan dan terasa sakit hendak menelan makanan atau air liur.

Penyebab Radang Tenggorokan

penyebab radang tenggorokan

twitter.com

Penyebab radang tenggorokan yang utama adalah bakteri streptococcus kelompok A dan streptococcus pyogenes.

1. Streptococcus kelompok A adalah bakteri yang mematikan pada manusia. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi pada tenggorokan, peradangan pada ginjal, infeksi amandel/infeksi tonsilitis, demam rematik, infeksi pada kulit, infeksi pada darah, demam scarlet, kelainan pada saraf, penumonia, dan lain sebagainya.

2. Bakteri Streptococcus pyogenes adalah penyebab banyak penyakit penting pada manusia yang berkisar dari infeksi pada kulit permukaan yang ringan hingga penyakit sistemik yang mengancam hidup manusia. Infeksi khasnya bermula di tenggorokan atau kulit tubuh kita. Bakteri ini terbawa udara dan dapat menular saat seseorang yang sedang terinfeksi batuk atau bersin dan saat berbagi makanan atau peralatan makan.

Jika disebabkan oleh bakteri tersebut, bisa jadi adalah radang tenggorokan yang serius karena jika tidak diobati dengan benar, radang tenggorokan ini bisa menyerang telinga (otitis media) hingga menyerang organ lain seperti jantung, otak, ginjal hingga tulang. Sehingga, Anda butuh pengobatan lebih jauh oleh dokter jika bakterilah yang menyebabkan radang tenggorokan.

Selain penyebab nya bakteri, radang tenggorokan juga disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

1. Udara Panas

Udara yang panas dan pengap bisa membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal, terutama saat bangun tidur di pagi hari. Bernafas melalui mulut karena hidung tersumbat juga dapat memicu radang tenggorokan. Itu karena hidung Anda berfungsi sebagai pelembab, yang akan melembabkan udara sebelum mengirimnya masuk ke tenggorokan dan paru-paru Anda.

2. Alergi

Beberapa jenis alergi, seperti pada bulu binatang, debu, serbuk sari bunga dan jamur bisa menyebabkan radang tenggorokan. Penyebab utama dalam kasus ini adalah postnasal drip yang membuat tenggorokan terasa gatal dan menggelitik. Penyebab dari alergi ini Biasanya lebih kepada rasa gatal atau menggelitik bukan terasa sakit yang seperti kondisi-kondisi lain nya.

Gejala ini akan terasa menjadi lebih buruk lagi ketika musim yang berganti yang sering menjadi sebab akibat kambuhnya alergi telah tiba.

3. Bahan Kimia

Sering terpapar polusi udara di luar bisa membuat tenggorokan Anda iritasi. Begitu pula dengan polusi udara di dalam ruangan yang datang dari rokok dan bahan kimia. Mengunyah tembakau, mengkonsumsi makanan pedas dan minum alkohol juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

4. Otot Tegang Pada Tenggorokan

Otot tenggorokan bisa menegang karena Anda sering berbicara keras, berteriak atau berbicara dalam waktu lama. Itu bisa membuat tenggorokan gatal dan terasa sakit setelahnya.

5. Trauma/cedera

Trauma atau cedera pada area tenggorokan dan leher dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Misalnya Anda menelan makanan atau tulang ikan yang menyebabkan iritasi pada laring dan tenggorokan.

Ingat, penyebab diatas sangat rentan terhadap anak-anak atau bayi. Karena sistem kekebalan tubuh anak-anak masih lemah.

Gejala radang tenggorokan

gejala radang tenggorokan

newsatjama.jama.com

Selain sakit saat menelan, sakit tenggorokan juga dapat disertai gejala-gejala berikut:

1. Sakit kepala

Gejala radang tenggorokan yang pertama adalah sakit kepala. Pada dasarnya peradangan tenggorokan akan mengakibatkan kepala kita menjadi sakit dan nyeri dikepala. Jadi jangan dibiarkan apabila sakit kepala karena bisa saja kita sedang mengalami sakit pada radang tenggorokan.

2. Sakit / demam Lebih dari 5-7 hari

Gejala radang tenggorokan berikutnya yaitu Demam. Dengan keadaan demam ini dapat membuat masuknya kuman penyakit karena ketahanan tubuh kita menjadi lebih menurun. Dengan keadaan demam dapat membuat terjadinya peradangan yang menyebabkan adanya penyakit radang tenggorokan.

Apalagi jika demam yang kita alami berlangsung lama maka kondisi ketahanan tubuh kita akan bertambah menurun dan kuman penyakit yang masuk ke tubuh kita akan menjadi lebih kuat.

3. Pembesaran kelenjar pada leher

Gejala radang tenggorokan berikutnya yaitu adanya pembesaran kelenjar pada leher kita atau biasanya disebut dengan kelenjar getah bening, dan terletak pada pangkal leher kita.

Ketika kita mengalami radang tenggorokan, kita bisa merasakan atau meraba adanya pembekakan di sekitar leher dimana kelenjar getah bening itu berada, pada umumnya kelenjar getah bening akan membengkak ketika radang tenggorokan menyerang kita namun pembengkakan itu umumnya terasa hanya bengkak kecil dan berlangsung ringan.

4. Tonsil/amandel yang membengkak

Gejala radang tenggorokan berikutnya yaitu adanya pembengkakan di tonsil atau amandel. Kita dapat melihat atau mengeceknya dengan cara membuka mulut besar-besar didepan cermin dan lihat apa ada pembengkakan di daerah pangkal tenggorokan.

Pada umumnya orang yang sakit radang tenggorokan akan mengakibatkan pangkal tenggorokan membengkak dan berwarna kemerah merahan.

5. Nyeri otot pada tenggorokan

Gejala berikutnya yaitu terasa nyeri otot pada tenggorokan. Penyakit radang tenggorokan membuat otot tenggorokan kita menjadi lebih kaku, biasanya saat kita berteriak dan berbicara ataupun bernyanyi akan terasa nyeri pada bagian otot tenggorokan.

6. Hidung pilek dan Batuk

Gejala radang tenggorokan berikutnya yaitu Hidung pilek dan Batuk. Kondisi gejala ini sangat rentan terjadinya penyakit radang tenggorokan , tentu ini sangat mengganggu aktivitas anda karena selain anda mengalami sakit batuk dan pilek, anda juga merasakan sakit pada radang tenggorokan.

7. Iritasi dan Gatal di tenggorokan

Gejala berikutnya yaitu Terasa gatal dan iritasi pada tenggorokan. Pada dasarnya penderita radang tenggorokan akan merasakan tidak nyaman di daerah tenggorokan, seperti terasa gatal-gatal di daerah tenggorokan, terasa sedikit nyeri, dan kering.

Biasanya gejala radang tenggorokan ini bisa sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang bagus atau normal.

BACA JUGA :

Obat Radang Tenggorokan

obat radang tenggorokan

totalvoice.co.au

Sebenarnya radang tenggorokan yang Anda alami dapat sembuh dengan sendirinya dalam 3-4 hari tanpa harus mengkonsumsi obat. Akan tetapi, jika gejala yang muncul mengganggu aktifitas, gunakan cara berikut ini untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan:

1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh virus dan bakteri, sehingga sangat efektif untuk dijadikan obat radang tenggorokan. Selain itu, garam juga dapat melarutkan lendir yang berada di tenggorokan. Untuk penggunaannya sendiri bisa dengan dua cara, yakni dibuat kumur dan diminum. Siapkan 1-2 sendok garam dan larutkan ke dalam segelas air putih. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur atau diminum apabila radang disertai dahak.

2. Bawang Putih

Menurut para ahli, bawang putih mengandung senyawa alicin yang efeknya sama dengan anti-bakteri dan anti-inflamasi. Michael Finkelstein, seorang pakar holistik dari Westchester, New York memaparkan salah satu bumbu dapur ini bisa merangsang sistem imun untuk melawan virus.

Kunyah sebutir bawang putih hingga halus, kemudian kumur-kumur dengan air putih. Gunakan madu untuk menghilangkan rasa tidak enak yang ditimbulkan oleh bawang putih.

3. Wedang Jahe

Jahe merupakan rempah tradisional yang telah digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit sejak zaman dulu. Sebab, selain menimbulkan sensasi hangat pada tubuh, jahe mengandung senyawa zingiberin yang bisa melancarkan peredaran darah, membantu proses detoksifikasi dan mengatasi peradangan. Untuk obat tenggorokan, jahe bisa ditumbuk dan diseduh dengan air panas.

4. Sup Ayam

Sejak dulu, sup ayam telah digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Hal itu dikarenakan sup ayam mempunyai sifat anti-inflamasi ringan yang membantu mengurangi dahak dalam tenggorokan. Anda bisa membuat sup ayam dengan sayuran yang kaya nutrisi, seperti wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih.

5. Buah Pisang

Saat mengalami radang tenggorokan, pasti sangat sakit bila digunakan untuk menelan makanan. Biasanya penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan lembut, seperti bubur, oatmeal dan pisang terlebih dulu.

Buah pisang sangat direkomendasikan karena selain teksturnya lembut, juga kaya akan nutrisi, salah satunya adalah potasium yang mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

6. Madu dan Jahe

Mungkin banyak yang belum tahu jika madu bisa menjadi obat radang tenggorokan yang efektif. Berdasarkan penelitian Royal Australian College of General yang dilakukan oleh dokter Ronald McCoy, telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa madu dapat meredakan iritasi pada saluran tenggorokan. Bahkan WHO merekomendasikan madu sebagai pereda sakit tenggorokan dan batuk di negara-negara berkembang.

Untuk penggunaannya bisa dengan menyiapkan jahe yang telah dipotong dan dimemarkan. Jahe dipilih karena bersifat ekspektoran, yaitu mampu meluruhkan lendir dari sistem pernapasan. Biasanya bila seseorang mengalami radang tenggorokan, produksi lendir pada saluran pernapasan lebih banyak. Seduh jahe tersebut dengan segelas mendidih, lalu tunggu hingga suam-suam kuku.

Beri dua sendok makan madu dan konsumsi secara rutin sampai rasa tidak nyaman akibat sakit tenggorokan berkurang.

7. Minyak Kayu Putih

Apakah Anda pernah mendengar terapi steaming? Pengobatan yang cukup populer di Negeri Sakura ini memanfaatkan uap untuk melancarkan peredaran darah, meredakan sakit kepala, menghilangkan stress dan mengurangi gejala peradangan. Salah satu bahan yang dipakai adalah minyak kayu putih.

Anda bisa menyiapkan satu baskom air panas, kemudian tetesi minyak kayu putih. Hiruplah aroma hangat minyak kayu putih yang keluar dari air panas tadi sampai peradangan membaik. Supaya uapnya tidak kemana-mana, gunakan handuk kering untuk menutupi baskom.

8. Lemon

Belilah buah lemon yang segar lalu Peras sari lemon, lalu tambahkan air hangat dan madu secukupnya. Lemon sangat membantu untuk mengatasi rasa sakit, membersihkan lendir serta membunuh bakteri. Sedangkan madu yang dicampur tadi berfungsi membuat tenggorokan anda terasa lebih nyaman.

9. Delima

Minum jusnya atau berkumur dengan air seduhan kulit buahnya. Delima mengandung antioksidan yang melawan infeksi serta astringen yang meredakan pembengkakan amandel.

10. Perbanyak minum air putih

Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan. Istirahat saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari.

Usahakan selama anda melakukan cara  pengobatan alami menggunakan obat radang tenggorokan diatas kamu disarankan tidak banyak berteriak, makan makanan yang manis manis, mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang berminyak seperti gorengan, dan obat kimia berbagai jenis apapun.

Hubungi dokter jika :

  • Kelenjar getah bening bengkak
  • Anda memiliki sakit tenggorokan selama lebih dari seminggu
  • Memiliki ruam baru di kulit
  • Batuk yang mengeluarkan darah
  • Anda mengalami demam lebih dari 38°C

Kesimpulan:
Pada dasarnya, penyakit radang tenggorokan bisa sembuh sendiri dalam waktu satu minggu atau seiring dengan mengkonsumsi obat radang tenggorokan alami dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa menghindari aktifitas yang menyebabkan tenggorokan sakit, memperbanyak istirahat, mengatur pola makan dan meminum obat radang tenggorokan.

  • Menarik
  • Bermanfaat
  • Berkualitas
4.9

Summary

Pada dasarnya, penyakit radang tenggorokan bisa sembuh sendiri dalam waktu satu minggu atau seiring dengan mengkonsumsi obat radang tenggorokan alami dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Leave a Reply