Gizipedia

Obat Sakit Gigi : Gejala dan Pencegahannya

Gizipedia.com – Obat sakit gigi sebenarnya banyak terdapat di sekitar rumah kita dan adapun yang terdapat di dapur kita. Terkadang bahan-bahan dapur tersebut banyak disepelekan orang untuk pengobatan, khusus nya sakit gigi. Dan terkadang dengan obat resep dari dokter juga tidak mempan. Oleh sebab itu kita butuh obat sakit gigi yang manjur untuk meredakan nyeri dan sakit yang terjadi.

Sakit gigi sangat mengganggu seluruh tubuh. Konon rasanya seperti patah hati, bahkan bisa dikatakan lebih sakit dari itu. Gusi yang mengalami nyeri akan berimbas pada kepala dan otak sehingga akan berpengaruh ke seluruh tubuh. Inilah gejala alami yang dapat dijelaskan secara medis mengenai perihal sakit gigi ini. Pada artikel ini akan saya berikan informasi mengenai obat sakit gigi yang alami.

Gejala Sakit Gigi

sarisehat.com

1. Terasa nyeri saat mengunyah

Terasa nyeri saat mengunyah Gejala awal jika sakit gigi biasanya ditandai dengan adanya nyeri saat mengunyah makanan. Rasa nyeri itu berlangsung hanya ketika kita mengunyah makanan saja. Oleh karena itu, jika gejala ini terasa maka kemungkinan besar kita mengalami sakit gigi.

2. Terjadi pendarahan pada gusi

Pasti pernahkan melihat darah ketika menyikat gigi ? Hal ini terjadi karena tidak hati-hati nya ketika menyikat gigi.Pendarahan itu akan mengakibatkan peradangan pada gigi atau gusi. Peradangan itu lah yang mengakibatkan adanya rasa nyeri dan menimbulkan sakit gigi.

3. Sensitif pada Makanan dingin

Saat memakan makanan yang panas atau dingin, gigi terasa ngilu. Itu disebabkan oleh gigi kita sensitif oleh makanan tersebut.Jangan dibiarin saja, karena ini bisa membuat gigi kita menjadi sakit.

4. Nyeri pada pipi

Gejala berikutnya yaitu terasa nyeri pada pipi. Pipi akan terasa ngilu atau nyut nyutan apalagi saat kita tidur malam. Apabila mengalami gejala ini segeralah kumur-kumur dengan air hangat, agar nyeri nya bisa mereda.

5. Nyeri pada bagian Gigi

Gejala ini jarang di ketahui oleh orang karena menganggap bahwa rasa sakit pada telinga itu merupakan gejala dari sakit telinga. Padahal tidak selamanya begitu karena rasa sakit pada gigi telah menyebar kerahang gigi. Dan jangan salah, rasa gejala ini juga dapat menyebabkan rasa sakit dikepala kita.

Itulah beberapa gejala sakit gigi yang sering dialami. Apabila merasakan gejala-gejala di atas maka segeralah periksa gigi kita. Jangan pernah disepelekan sakit gigi karena bisa menyerang ke bagian mata dan otak.

Penyebab Sakit Gigi

cukondental.com

Gigi sangatlah rentan terhadap penyakit, karena kita mengunyah makanan menggunakan gigi. Dan sisa-sisa makanan biasanya menumpuk disela-sela gigi yang lama kelamaan akan mengakibatkan adanya bakteri.

Bukan hanya itu, berikut ini merupakan penyebab umum sakit gigi :

Penyebab sakit gigi pada umumnya terjadi karena adanya pembusukan pada gigi. Pembusukan gigi ini membuat gigi akan menjadi lebih sensitif. Dikarenakan karena pembusukan itu terjadi pada rongga kecil terluar gigi yang masuk ke lapisan dalam gigi. Dan proses ini dapat menyebabkan adanya pembengkakan pada gigi.

Dalam pembusukan gigi stadium tinggi, dapat mengakibatkan rasa nyeri yang sangat menyiksa. Karena pembusukan itu menyebar ke area gigi yang lebih dalam lagi. Apabila ini sudah terjadi, segeralah memeriksanya ke dokter gigi karena pembusukan gigi stadium tinggi ini dapat menyebabkan kematian.

Menyikat gigi dengan cara tidak benar dapat mengakibatkan adanya Gusi surut atau erosi sehingga akar gigi menjadi terbuka atau kelihatan. Itulah sebabnya gigi kita menjadi lebih sensitif terhadap makanan dingin maupun makanan panas. Bercerita tentang makanan, makanan yang dapat memperburuk sensitivitas adalah makanan dan minuman yang mengandung asam.

Penyebab sakit gigi selanjutnya yaitu adanya penyakit gusi. Penyakit gusi disebabkan oleh adanya penumpukan plak di bagian gusi. Plak ini biasanya disertai adanya bakteri yang dapat menyebabkan peradangan pada gigi yang sangat menyakitkan. Peradangan ini mengakibatkan gusi menjadi merah, bengka dan berdarah.

Ketika penyakit gusi ini tidak cepat ditangani, dapat menyebabkan infeksi disertai adanya nanah. Ini dapat membuat rasa sakit bedenyut dan mulut juga terasa bau. Lama kelamaan gusi anda akan surut atau mengecil sehingga perlu dicabut.

Infeksi ini dapat menyebabkan adanya kerusakan pada gigi lebih lanjut. Jadi segeralah memeriksa nya kedokter gigi secepatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebab berikutnya yaitu oleh Sinusitis. Penyakit ini termasuk penyakit umum yang bisa mengenai orang-orang tanpa memandang umur. Sinusitis merupakan terjadinya peradangan atau inflamasi pada daerah dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang berisi udara dan terletak di daerah belakang tulang dahi dan pipi.  Tekanan yang diakibatkan oleh sinus dapat menyebabkan sakit gigi karena sinus terletak dekat dengan gigi.

Banyak dari kita yang membiarkan adanya keretakan pada gigi. Padahal keretakan pada gigi merupakan penyebab dari sakit gigi yang bisa berkepanjangan. Sakit gigi tidak hanya dari gigi yang berlobang atau masalah di gusi. Memnag keretakan pada gigi susah dilihat tpi kita juga waspada terhadap gejala ini.

Biasanya keretakan pada gigi terjadi akibat kebiasaan kita yang buruh, seperti menggeretakkan gigi dan mengunyah dengan tidak teratur. Saraf yang terkena akibat keretakan gigi bisa menimbulkan rasa ngilu pada gigi. Bakteri akan menumpuk di bagian keretakan gigi yang dapat menimbulkan infeksi pada bagian gigi dan membuat gigi jadi sakit.

Terkadang tumbuh gigi baru sering tumbuh di tempat yang tidak wajar, terkadang terselip antara gigi normal. Dengan posisi yang tidak normal tersebut, dapat menyebabkan rasa nyeri dan ngilu pada gigi. Biasanya dokter menyarankan untuk mencabut gigi baru yang tumbuh diposisi yang tidak wajar. Karena apabila dibiarin terus-menerus akan menyebabkan sakit gigi yang berkepanjangan.

BACA JUGA :

Obat Sakit Gigi Alami

socialcafemag.com

1. Daun sirih dan cengkeh

Daun sirih mengandung antibiotik alami yang dapat meredakan rasa sakit sedangkan cengkeh berfungsi sebagai penyembuh gusi gigi yang sakit. Kedua bahan ini sangat pas meredakan sakit gigi secara alami.

Cara pengobatannya:

2. Bawang putih

Rempah yang satu ini memiliki multifungsi dalam mengobati beragam penyakit. Dan ternyata bisa digunakan untuk obat sakit gigi.

Cara penggunaannya:

3. Bunga matahari dan jahe

Kasiat kedua bahan ini hampir sama dengan daun sirih dan cengkeh yaitu sebagai obat sakit gigi alami. Hanya saja, anda harus meminum ramuan saat masih hangat.

Cara pengobatannya:

4. Biji jarak cina

Ternyata tumbuhan jarak dapat digunakan sebagai pengobatan obat sakit gigi. Jika dulu tumbuhan jarak digunakan untuk pembuatan senjata, kini sudah banyak digunakan sebagai bahan pengobatan yang alami.

Cara pengobatannya:

5. Akar kangkung dan cuka

Banyak diantara kita membuang akar kangkung, padahal akar kangkung memiliki manfaat yang besar khusus nya untuk obat sakit gigi.

Cara pengobatannya :

6. Serai

Rempah ini memiliki aroma yang sangat harum dalam penambahan pada setiap masakan. Rupanya memiliki fungsi untuk meredakan sakit gigi dengan cepat.

Cara pengobatannya :

7. Teh

Cara pengobatannya :

8. Akar mentimun

Cara pengobatannya :

9. Daun inggu kering

Peramu jamu biasanya sering menambahkan inggu untuk mengurangi dan menyembuhkan batuk. Dan ternyata daun inggu dapat digunakan sebagai pengobat sakit gigi mujarab.

Cara pengobatannya :

10. Garam

Cara pengobatannya : 

Itulah beberapa obat sakit gigi yang mudah didapatkan di sekitar kita. Pengobatan dengan cara alami lebih dianjurkan sebelum mengobati sakit gigi dengan obat-obatan. Karena bahan alami diatas tidak hanya bisa menyembuhkan sakit gigi. Melainkan bisa menyembuhkan penyakit lain nya.

Pencegahan Sakit Gigi

smilesbydesignchicago.com

Pencegahan sakit pada gigi sejak dini, lebih baik daripada mengobati nantinya. Mencegah sakit gigi tidak hanya dilakukan dirumah saja, melainkan selalu rutin untuk mengecek gigi ke dokter gigi terdekat. Karena pencegahan sakit gigi paling ampuh adalah dengan cara Merawat kesehatan gigi yang baik dan benar..

1. Gunakan pasta gigi yang benar

Pasta gigi sangat lah banyak diluaran sana dijual dan berbagai merek. Tapi sangat disarankan gunakanlah Pasta gigi yang didalamnya mengandung fluoride. Bahan ini berfungsi untuk menyehatkan atau menghentikan kembali kerusakan awal pada email gigi kita.

2. Teratur menggosok gigi

Gosok lah gigi kita sehabis makan dan bangun tidur, setidaknya 2 kali sehari. Pada umumnya dianjurkan untuk menyikat gigi dipagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Karena dengan menggosok gigi secara teratur dapat membersihkan kuman atau bakteri yang menempel di sela sela gigi kita.

3. Menggunakan benang gigi

Sisa-sisa makanan bisa dihilangkan dengan ampuh menggunakan benang gigi, terutama pada bagian yang sulit dijangkau. Biasanya dengan sikat gigi saja, sisa makanan tidak semua yang terbersihkan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan benang gigi agar gigi kita sehat.

4. Hindari makanan yang lengket

Makanan lengket seperti permen, cokelat dll, sangat tidak dianjurkan untuk banyak mengkonsumsinya. Karena makanan yang lengket sering sekali meninggalkan sisa sisa makanannya dan sangat sulit untuk membersihkan nya. Yang dapat mengakibatkan berkumpul nya bakteri pada gigi kita.

Sangat dianjurkan apabila setelah makan makanan lengket, segeralah berkumur-kumur atau menyikat gigi.

5. Ke dokter secara teratur

Mulai sekarang, aturlah jadwal kedokter anda untuk memeriksa kesehatan gigi kita. Walaupun gigi kita tidak sakit, tapi di wajibkan untuk check up kesehatan gigi setidaknya 6 bulan sekali. Agar kita mengantisipasi sejak dini penyakit gigi yang selalu mengincar kita.

Kesimpulan :
Sepuluh tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi alami untuk meredakan sakit gigi. Perlu penyesuaian jika anda terbiasa konsumsi obat kimia, sebab kinerja obat herbal biasanya tidak dapat dirasakan dalam hitungan detik. Butuh beberapa menit hingga hitungan hari agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. Apabila cara ini tidak dapat mengurasi rasa sakit setelah 3 hari maka sebaiknya segera hubungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Hal ini perlu dilakukan agar lebih tahu apa saja yang menyebabkan gejala sakit gigi tersebut. Bila karena gigi berlubang atau bengkak maka dokter akan menyarankan untuk minum obat kemudian menambal gigi tersebut. Demikian informasi singkat mengenai obat sakit gigi secara alami. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.