free web page hit counter

Cara Alami Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Alami Mengatasi Diare Pada Bayi – Jika bayi anda sedang terkena diare sebaiknya jangan panic. Segera lakukan pertolongan pertama agar si bayi mendapatkan ketenangan dan tidak menangis secara terus menerus. Paling tidak diare yang dialami selama 24 jam dan sama sekali tidak menunjukkan tanda akan membaik, lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Cara Alami Mengatasi Diare Pada Bayi

livestrong.com

Biasanya diare pada bayi akan disertai dengan muntah selama beberapa kali dalam sehari. Bahkan bila semakin parah bayi akan mengalami demam lebih dari 38.9 derajat Celcius dan tinja hingga berdarah atau tinja berwarna hitam. Adapun penyebabutama dari diare adalah terkena infeksi virus. Inilah cara alami mengatasi diare pada bayi.

Cara Alami Mengatasi Diare Pada Bayi

1.Berikan ASI

Bayi yang mengalami diare akan sangat rentan terkena dehidrasi. Pada umumnya bayi tersebut akan lebih mudah kehilangan cairan pada saat diare dibandingkan dengan anak-anak atau orang dewasa. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan ASI. Apabila bayi tidak berminat minum ASI secara langsung,maka berikan lewat botol. Cairan ASI akan membantu tubuh bayi mengaktifkan kembali sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA :

2. Berikan Makanan Padat

Makanan padat secara khusus untuk bayi harus tetap memberikan vitamin dan nutrisi. Makanan akan membantu tubuh bayi sehingga mendapatkan sumber energi dan mengatasi dehidrasi atau tubuh yang lemah akibat diare. Beberapa jenis makanan yang disarankan khusus untuk bayi, seperti sup kaldu ayam, oatmeal, roti gandum khusus bayi dan beberapa buah padat seperti apel, pisang dan nasi. Namun sebaiknya dalam keadaan lembek atau padat.

3. Berikan Yogurt

Yogurt yang diberikan sebaiknya termasuk produk khusus untuk bayi. Pasalnya yogurt mengandung bakteri yang menguntungkan untuk sistem pencernaan. Apalagi terdapat landungan bakteri Lactobacillus sangat baik untuk mengikat tinja menjadi lebih padat. Hanya saja, jika anda ingin memberikan yogurt untuk bayi maka pilih jenis yogurt yang dibuat untuk bayi. Hindari memberikan yogurt yang biasa dikonsumsi orang dewasa karena mengandung bahan pengawet.

4. Berikan Larutan Elektrolit

Larutan yang mengandung elektrolit akan mampu membantu cara mengatasi diare pada bayi. Paling tidak pemberian cairan elektrolit harus mendapatkan ijin dari dokter yang merawat. Namun anda bisa membuat minuman elektrolit ini dengan bahan air putih yang dimurnikan dengan garam yang bersih. Larutan dibuat dengan perbandingan yang tepat, dan berikan jumlah terbatas untuk bayi.

5. Pijat dengan Bawang Merah

Satu lagi hal yang bisa anda lakukan adalah pijat perut bayi dengan bawang merah. Hal ini karena penyebab bayi diare adalah bayi terkena masuk angin atau kelelahan. Mengatasinya adalah dengan cara memijat daerah perut dan punggung bayi dengan lembut. Hancurkan beberapa siung bawang merah kemudian gunakan bawang merah halus ini untuk memijat bayi. Lakukan secara benar agar tubuh bayi menjadi lebih nyaman dan sehat.

Nah, untuk mencegah agar diare tidak lebih parah maka ganti popok bayi secara rutin. Bersihkan area vital bayi dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

 

  • Menarik
  • Bermanfaat
  • Berkualitas
5.0

Summary

Jika bayi anda sedang terkena diare sebaiknya jangan panic. Segera lakukan pertolongan pertama agar si bayi mendapatkan ketenangan dan tidak menangis secara terus menerus.

Sending
User Rating 0 (0 votes)

Leave a Reply