Wajib Tahu! Kandungan Gizi Cabai Rawit Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan cabai rawit? Cabai rawit merupakan tanaman yang sering diolah menjadi sambal dan pelengkap bumbu masakan. Cabai rawit sendiri termasuk ke dalam famili Solanaceae satu famili dengan terong dan paprika. Dibandingkan dengan tanaman cabai pada umumnya, cabai rawit memilki buah yang lebih kecil dan keriting. Rasanya juga lebih pedas karena memilki kandungan capsaicin yang lebih tinggi. Berdasarkan buku karangan Ir. Bambang Cahyono, rasa pedas cabai rawit diukur dengan skala Scoville (SHU) memiliki nilai 100.000. Sementara cabai merah besar hanya berkisar antara 30.000-50.000 SHU.

Dibalik rasa pedasnya, cabai rawit memilki manfaat bagi tubuh karena kandungan vitaminnya yang tinggi. Yuk simak kandungan apa saja yang terdapat dalam cabai rawit dan apa saja manfaat baiknya bagi tubuh!

Kandungan Gizi

Umumnya cabai rawit segar memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

NoKandungan GiziNilai
1Energi (kkal)103
2Protein (g)4,7
3Lemak (g)2,4
4Karbohidrat (g)19,9
5Kalsium (mg)45
6Fosfor (mg)85
7Zat besi (mg)3
8Vitamin A (IU)1.050
9Vitamin B1 (mg)0,24
10Vitamin C (mg) 70
11Bdd/food edible (%)85
table kandungan gizi cabai rawit

Kandungan vitamin A dan Vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan cabai lain. Vitamin A sendiri berfungsi untuk memelihara kesehatan mata, sedangkan vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dari sariawan dan gusi bengkak.

Manfaat Bagi Kesehatan

Setelah melihat berbagai kandungan gizinya ternyata bukan hanya rasa pedas dan nikmat saja yang bisa didapatkan dari mengonsumsi cabai rawit. Jika dikonsumsi dalam batas wajar, cabai rawit bermanfaat untuk:

  1. Mengatasai Hidung Tersumbat
  2. Meredakan Nyeri Pada Otot
  3. Membakar Lemak Tubuh
  4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Efek Samping

Banyak kandungan yang bermanfaat dari cabai, namun bukan berarti cabai harus dikonsumsi secara berlebihan.Terlalu banyak konsumsi cabai dapat menimbulkan sakit perut, mual, muntah, diare, atau rasa terbakar di ususmu.

Daftar Pustaka :

Nilai Gizi Cabai Rawit, http://horti.pertanian.go.id/simcabai/page/index/caberawit-gizi, diakses pada 2 Oktober 2021

Health Benefit of Hot Peppers, https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-foods-hot-peppers-benefits, diakses pada 2 Oktober 2021

Cahyono, Bambang. (2003).Cabai Rawit Teknik Budi Daya dan Analisis Usaha Tani. Yogyakarta : Kanisius.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *