Jangan Sembarangan, Ini Tips Melakukan Diet Gizi Remaja Agar Tetap Sehat

Pexel

Keyword: diet gizi remaja

Tag: diet bergizi, ahli gizi, diet remaja, diet menurut ahli gizi

Saat ini, aktivitas diet tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga berbagai kalangan usia termasuk para remaja. Walaupun begitu, diet gizi remaja bisa dikatakan memerlukan perhatian yang lebih banyak ketimbang diet orang dewasa. Hal ini dikarenakan pada faktor usia remaja, tubuh seseorang masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Salah satu tips yang harus dipertimbangkan untuk melakukan diet gizi remaja adalah mengutamakan nutrisi yang terkandung di dalam menu makanan. Selain itu, setiap remaja juga perlu memperhatikan waktu dan intensitas makan ketika menjalani diet. Diet yang bergizi bagi remaja tetap perlu melibatkan mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam.

Baca juga : Panduan Makanan Bergizi Seimbang

Memulai diet bagi remaja yang bergizi harus dilakukan dengan tetap sehat tanpa adanya efek samping yang berarti. Berikut panduan sederhana tentang diet gizi remaja yang dapat dicoba:

  • Untuk sarapan, dapat mengisi nutrisi dari makanan sederhana seperti sandwich yang ditambah dengan biji-bijian. Sandwich yang dijadikan sebagai menu utama dapat dinikmati hanya dengan selai kacang. Selain itu, sandwich juga bisa dikombinasikan dengan telur rebus dan irisan alpukat.
  • Sedangkan untuk makan siang, menu yang bisa dinikmati dapat dibuat dari bahan-bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Selain itu, utamakan untuk memilih menu yang mengandung karbohidrat lebih tinggi seperti nasi. Jika tidak ingin nasi, bisa kembali menikmati roti gandum namun dikombinasikan dengan daging sapi, daging ayam, atau ikan salmon.
  • Ketika jarak waktu antara makan siang dan makan malam, para remaja juga perlu mengisi kembali stamina tubuhnya dengan nutrisi dari camilan. Camilan dapat dibuat dari coklat dalam kuantitas yang sedikit ditambah dengan biji-bijian tanpa garam. Selain itu, silakan mencoba yoghut jika memang sesuai dengan selera atau makan buah-buahan seperti semangka.
  • Terakhir, untuk makan malam, bagi yang sedang menjalani diet gizi remaja, dapat menikmati menu yang masih memperkuat nutrisi protein. Namun kali ini, coba kombinasikan beberapa bahan yang mengandung protein dengan berbagai jenis sayuran seperti buncis dan wortel. Jika masih merasa lapar, silakan nikmati es krim sebagai penutup.

Mencoba diet gizi remaja memang memerlukan perhatian yang lebih teliti terutama terkait nutrisi dari makanannya. Selain itu, pastikan untuk makan secara teratur mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam. Para remaja juga dapat menambahkan menu camilan seperti coklat dan buah-buahan.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/diet-yang-tepat-hindari-remaja-dari-gangguan-kesehatan https://hellosehat.com/parenting/remaja/kesehatan-remaja/rencana-diet-sehat-untuk-remaja/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.