Wajib Tahu, Inilah Kandungan Gizi Pada Cumi-cumi

Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut yang memilki jumlah kalori rendah. Termasuk ke dalam golongan moluska, cumi-cumi memilki nama ilmiah Uroteuthis duvaucelli. Tekstur cumi-cumi yang kenyal dan rasanya yang gurih, menjadikan hewan laut satu ini digemari oleh para pecinta seafood.

Kandungan Gizi Cumi-cumi

Seperti makanan hewani pada umumnya, cumi-cumi memilki kandungan protein yang tinggi. Menurut Diah Anggraini Wulandari, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), cumi-cumi memilki kandungan gizi yang cukup lengkap dari mulai protein, asam amino esensial dan non-esensial, serta vitamin. Berikut tabel kandungan gizi pada cumi-cumi:

Informasi Nilai Gizi

Per 100 g BDD (Berat Dapat Dimakan)

NoKandungan GiziNilai
1Energi (kkal)75
2Lemak total (gram)0.70
3Vitamin B1 (mg)0.08
4Vitamin B3 (mg)2.50
5Karbohidrat total (g)0.10
6Protein (g)16.10
7Kalsium (mg)32
8Fosfor (mg)200
9Natrium (mg)37
10Kalium (mg)204.10
11Tembaga (mcg)1600
12Besi (mg)1.80
13Seng (mg)1.30
14B-Karoten (mcg)20
15Air (gram)82.20
16Abu (garam)0.90

Lemak yang terkandung dalam cumi-cumi merupakan asam lemak tak jenuh dalam bentuk omega-3. Asam lemak jenis ini tergolong lemak yang baik bagi tubuh karena berperan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta memabntu proses penyerapan vitamin larut lemak.

Tak hanya itu, kandungan mineral fosofor di dalamnya juga memiliki khasiat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta memelihara dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Maka, cumi-cumi sangat baik untuk pertumbuhan anak dan untuk mencegah osteoporosis pada lansia.

Cara Mengolah Cumi-Cumi

Agar kandungan gizi cumi-cumi tidak rusak ketika dimasak, maka hindari mengolah cumi-cumi dengan cara digoreng karena dapat meningkatkan kolesterol. Sebaiknya olah cumi-cumi dengan cara dikukus, ditumis, atau dipangang.

Efek Samping

Setelah mengonsumsi cumi-cumi, beberapa orang mungkin dapat mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal pada kulit dan lidah, pusing, serta wajah kemerahan. Jika kamu mengalami gejala tersebut tandanya kamu memilki alergi terhadap cumi-cumi, segera berhenti makan cumi-cumi dan konsumsi obat anti alergi.

Referensi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *